Monday, May 5, 2014

3 Prinsip Network Security(Keamanan Jaringan) Materi Kuliah Semester 5

Sebelumnya admin sudah membahas tentang materi kuliah ekotek yaitu dampak baik dan buruk terhadap perekonomian indonesia pada saat pemilihan Umum calon legislatif 2014
3 Prinsip-prinsip Network Security Materi Kuliah Semester 5, macam 3 Prinsip-prinsip Network Security, contoh prinsip Network Security, pengertian prinsip Network Security, prinsip Network Security Availability, prinsip Network Security confidentiality, prinsip Network Security integrity

3 Prinsip-prinsip Network Security :
 
1. Integrity

Integrity merupakan aspek yang menjamin bahwa data atau pesan yang akan dikirim, di dalam perjalanannya harus terlindungi dari pihak-pihak yang tidak berwenang yang ingin merubah, merusak ataupun menghapus keaslian data atau pesan. Jadi, si penyaji benar-benar memberikan informasi yang utuh sesuai dengan apa yang dikirim sebelumnya tanpa ada kecacatan dalam data atau pesan yang diberikan kepada penerima yang berhak. Jaringan komputer sangat berpengaruh terhadap bagaimana upaya kita agar tidak ada gangguan dari hal hal negatif dari penyusup. Misalkan terjadinya serangan dengan menggunakan aktifitas spoofing, mail modification, trojan horse, MITM attack.

Contoh : melakukan penyerangan dengan teknik spoofing, yang dimana pada cara ini seorang attacker dapat memalsukan IP addres sehingga korban menganggap IP address tersebut bukan berasal dari luar jaringan.

2. Confidentiality

Confidentiality merupakan aspek yang menjamin kerahasiaan data/ informasi maupun pesan yang dikirim tidak dapat dibuka dan diketahui oleh orang yang tidak berhak atau yang tidak diinginkan.

Contoh : misalkan kita akan melakukan penyadapan/memantau arus dengan teknik sniffing pada suatu jaringan bisa menggunakan wireshark atau cain and able, yang dimana fungsi dari tools tersebut untuk memonitoring arus data paket dari user yang terkirim server, sehingga kita dapat memantau pengguna lain apa yang sedang ia lakukan seperti halnya membuka sebuah website dan lain sebagainya.

 3.   Availability

Availability merupakan aspek yang menjamin bahwa data tersedia ketika dibutuhkan. Menjamin pengguna yang valid selalu bisa mengakses informasi dan sumberdaya miliknya sendiri. Untuk memastikan bahwa orang-orang yang memang berhak tidak ditolak untuk mengakses informasi yang memang menjadi haknya. Pengamanan yang dapat dilakukan terhadap ancaman ini berupa dengan menggunakan sistem backup untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Contoh: serangan yang dapat dilakukan pada availability yaitu upaya untuk membuat sistem mati (down) yaitu sering dikenal dengan DoS. Biasanya terdapat aktifitas yang membuat sistem down seperti malware, worm, virus dan bom mail.

3 Prinsip-prinsip Network Security Materi Kuliah Semester 5, macam 3 Prinsip-prinsip Network Security, contoh prinsip Network Security, pengertian prinsip Network Security, prinsip Network Security Availability, prinsip Network Security confidentiality, prinsip Network Security integrity
Load disqus comments

0 komentar